Senin, 20 Desember 2010

Profil MI Nurul Hidayah Pamulang Barat Tangsel

PROFIL MI NURUL HIDAYAH

I.        SEJARAH NURUL HIDAYAH

Yayasan Nurul hidayah didirikan berdasarkan Akte Notaris Lely Setijowati, SH. Pada hari rabu tanggal 22 Januari 1997. Yayasan ini berjalan dan berkembang berdasarkan prinsip – prinsip Islam untuk mengembangkan Pendidikan dan umumnya dan Agama Islam pada khususnya dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan As-sunah.

Yayasan Nurul Hidayah pertama sekali mendirikan TPA dan TQA, kemudian pada tahun 2000 Yayasan berhasil membangun sarana Pendidikan yang permanent 4 lokal yang digunakan untuk pendidikan formal yaitu RA pada tanggal 22 Juni 2000 dengan jumlah Murid 60 orang. Kemudian  pada tahun 2001 Yayasan mendirikan MI dengan jumlah murid 25 orang, 70 % berasal dari RA Nurul Hidayah.

MI Nurul Hidayah masih terhitung muda dibandingkan dengan MI yang ada di wilayah pamulang, tetapi dilihat perkembnagnya baik dari segi kualitas maupun kuantitas MI. Nurul Hidayah mampu bersaing dengan MI yang ada di pamulang, sampai sekarang kita seluruh warga Yayasan Nurul Hidayah terus berjuang untuk meningkatkan mutu sekolah menuju sekolah unggulan.

II.     SUSUNAN PENGURUS YAYASAN

1. Ketua                            : drs. H. M Yusuf Adam
2. Wakil Ketua I              : H. Amirin Mu’rof
3. Wakil Ketua II : Sulaiman Sanin
4. Sekretaris I                  : Drs. Muhammad Ikhsan
5. Sekretaris II                 : Ismail Sholeh
6. Bendahara I                  : H. Ramin
7. Bendahara II                 : Dra, Sri Mulyani

III.  UNIT – UNIT PENDIDIKAN YAYASAN NURUL HIDAYAH

Yayasan Nurul Hidayah bergerak dalam bidang Sosial Keguruan dan Pendidikan. Keagamaan yang berorientasi pada pembentukan pribadi muslim yang berwawasan Iptek dan Imtek dalam bingkai Akhlakul Karimah. Untuk mencapai tujuan tersebut Yayasan mendirikan unit pendidikan yang Formal dan Non Formal, Seperti :
1.      Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPA )
2.      Ta’limal Qur’an Lil-Aulad ( TQA )
3.      Raudhatul Athfal ( RA )
4.      Madrasah Ibtidaiyah ( MI )
Unit Pendidikan TPA dan TQA adalah pendidikan Non Formal, akan tetapi unit pendidikan inilah yang sangat menunjang Yayasan Nurul Hidayah, sehingga Yayasan cukup dikenal dilingkungan Pamulang Barat.
Adapaun unit pendidikan yang bersifat formal ada 2 yaitu :

1.      Raudhatul Athfal ( RA ) Nurul Hidayah

Unit ini merupakan taman belajar bagi anak – anak 4 sampai 5 tahun. Adapun tujuan – tujuan instruksional RA adalah agar setelah menamatkan belajarnya peserta didik diharapkan dapat :
a.       Memiliki sifat dan dasar sebagai muslim dan warga negara yang baik dan bertanggung jawab
b.       Sehat dan sejahtera jasmani dan rohani
c.       Memili bekal dasar tentang pengetahuan, keterampilan dan sikap nilai yang diperlukan untuk :
-          Berbakti kepada Allah dan Orang Tua
-          Beribadah dan beramal sholeh
-          Bergaul dan berkomunikasi dengan masyarakat dan lingkungan
Untuk mencapai tujuan tersebut RA Nurul Hidayah menerapkan kurikulum terpadu yaitu, Depag, Diknas dan Yayasan dengan motode program kegiatan belajar yang utuh mencakup :
a.       Program pembentukan akhlak pribadi
b.      Program pengembangan kemampuan dasar ( daya cipta, bahasa, daya pikir, keterampilan dan jasmani ).
Program tersebut didukung oleh Imtaq seperti praktek ibadah, manasik haji, melukis, baca tulis Al-Qur’an dan lain-lain.
Prestasi yang pernah diraih RA Nurul Hidayah antara lain :

1.      Tahun 2000 – 2001
-          Juara I Menari Islami Tingkat Kabupaten Tangerang
-          Juara I Puitisasi Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Tangerang
2.      Tahun 2001 – 2002
-          Juara I Lompat Lingkaran Tingkat Kabupaten Tangerang
-          Juara I Menari Islam Tingkat Kabupaten Tangerang
-          Juara I Kalimat Toyyibah Tingkat Kabupaten Tangerang
3.      Tahun 2002 – 2003
-          Juara II Menyanyi bersama Tingkat Kabupaten Tangerang
-          Juara II Lompat Lingkaran Tingkat Kabupaten Tangerang
4.      Tahun 2003 – 2004
-          Juara I Kalimat Toyyibah Tingkat Kabupaten Tangerang
-          Juara I Puitisasi Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Tangerang
5.      Tahun 2004 – 2005
-          Juara I Puitisasi Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Tangerang
-          Juara II Menari Islami Tingkat Kabupaten Tangerang

2.      Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Nurul Hidayah
a.       Visi, Misi dan Tujuan MI Nurul Hidayah

VISI
Terwujudnya Madrasah Ibtidaiyah sebagai wadah pendidikan yang mampu mengembangkan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang IPTEK dan IMTAQ.

MISI
Menyelenggarakan pendidikan islam yang berorientasi pada mutu di bidang pengetahuan ( Ilmu ) maupun Aqidah yang benar dan berakhlak mulia, sehingga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang IPTEK dan IMTAQ.

TUJUAN
-          Membentuk kemampuan dasar dalam ilmu pengetahuan umum dan agama ( Baca, tulis, dan tahfiz qur’an ) yang sesuai dengan tingkat perkembangannya.
-          Meyiapkan dan membekali murid dalam mengikuti pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Unit ini bernaung dibawah Departement Agama dan telah mendapatkan izin operasional pada tanggal 25 Agustus 2003 dengan Nomor Statistik Madrasah : 112321917303. Kemudian pada tanggal 02 Agustus 2004 diperbaharui kembali oleh Kantor Departement Agama Kabupaten Tangerang berdasarkan Nomor : Kd.28-04 / PP.00.4 / 714 / 2004. pada tanggal 23 Juli 2004 dengan Nomor Statistik Madrasah : 111280417238.

Adapun Kurikulum yang digunakan di MI Nurul Hidayah adalah perpaduan kurikulum Depag dan Diknas, ditambah dengan kurikulum Yayasan yang meliputi : Tulis Baca Al-Qur’an dan Tahfizul Qur’an. Kemudian ditambah lagi dengan kegiatan ekstrakulikuler seperti : Pramuka, Melukis, Sempoa, Shalat Dhuha berjama’ah dan Renang.

Saat ini MI Nurul Hidayah baru sampai Kelas V, dengan jumlah dalam 6 kelas. Adapun jam belajar sekolah, kelas I dan II masuk dari jam 07.30 sampai 11.00 WIB, sedangkan kelas III s/d kelas V masuk dari jam 07.00 sampai 14.00 WIB. Kecuali hari Senin dan Jum’at seluruh siswa masuk jam 07.00 untuk pelaksanaan Upacara dan shalat dhuha berjama’ah.

b.       Lokasi Sekolah
a. Luas Tanah                   : P : 50 m       L : 20 m          Luas : 1000 m2
b. Lokasi                          : Jl. Cemara II
    Rt / Rw             : Pamulang Barat
    Kelurahan                    : Pamulang
    Kabupaten                    : Tangerang
c. Batas-batas Tanah
    Sebelah Utara              : Tanah Milik Bpk………………
    Sebelah Timur : Tanah Milik Bpk………………
    Sebelah selatan           : Empang
    Sebelah Barat              : Tanah Milik Bpk………………
c.       Sarana dan Prasarana Sekolah
a.       Ruang Kelas terdiri dari 9 Ruang
 Kelas I                       : 2 ruang
 Kelas II                      : 2 ruang
 Kelas III                     : I ruang
 Kelas IV                    : I ruang
 Kelas V                      : I ruang
 Kelas VI                    : I ruang
Aula                            : I ruang
b.      Sarana dan pendukung lain
v     1 ruang kantor Kep – Sek
v     1 ruang kantor guru
v     Alat Olah Raga
v     Lapangan Olah Raga
v     WC dan Tempat Wudhu
v     Aula
v     Meja dan Kursi
v     Dapur
v     Ruang UKS
v     Perpustakaan
v     Laboratorium Komputer
v     Lemari Arsip dll.
d.       Keadaan Guru
Tenaga guru sebagian besar adalah sarjana dari berbagai disiplin ilmu, Ada guru kelas dan bidang studi, untuk bidang studi adalah Olah raga, Komputer dan Agama, sedangkan guru kelas memegang pelajaran umum.
e.       Keadaan siswa
Jumlah siswa sampai saat ini ( Awal Tahun Pelajaran 2006 – 2007 ) adalah sebagai berikut :



KELAS
LAIK –LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH
I
13
23
36
II
13
23
36
III
17
15
32
IV
11
11
22
V
5
12
17
VI
10
14
24
Jumlah
69
98
167

f.        Pembiayaan RAPBS ( Terlampir )
g.       Keadaan Tenaga Administrasi ditangani oleh TU yang bertugas mengurus keuangan sekolah dan administrasi sekolah.
h.       Hubungan Kemasyarakatan
Untuk membina hubungan dengan masyarakat sekolah bekerjasama dengan yayasan dengan membentuk Komite Sekolah  dan mengikut sertakan peran bekerjasama dengan kegiatan sekolah. Seperti : Bakti Sosial, Santunan Anak Yatim dan Du’afa, Pembagian Hewan Qurban, Zakat Fitrah dll.

IV.        MENATAP MASA DEPAN
Agar mampu berkiprah secara optimal ditengah masyarakat MI nurul Hidayah bersifat terbuka terhadap temuan – temuan dalam bidang pendidikan. Terutama dalam bidang metodologi pengajaran dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan handal, sehingga anak didik di MI Nurul Hidayah mampu bersaing ditengah era globalisasi.
Sebagai upaya peningkatan mutu siswa, kami mengadakan lomba uji kemampuan dibidang agama dan umum disekolah seperti acara :
a.       Mengadakan Kegiatan Gema Muharram
b.      Mengadakan Kegiatan Pekan Maulid Nabi SAW
c.      Mengikut sertakan anak – anak dalam kegiatan Kompetisi Olympiade Matematika, Sains, dan Bahasa Indonesia.
d.      Mengikuti Kompetisi Kreasi Seni tari Se – Jakarta.

Demikian juga dalam usaha peningkatan mutu guru dalam mengembangkan metodologi pengajaran dan menambah wawasan, sekolah mengirim guru – guru untuk mengikuti penataran – penataran dan pelatihan kurikulum berbasis kompetensi ( KBK ) yang diadakan oleh KKM bekerja sama dengan Depag dengan pembicara : Drs. Safari.MA dari pusat penilaian pendidikan dan Bpk. Drs. Bukhoiri Nasution dari Puskur Diknas.

Demikianlah MI nurul Hidayah dalam perjalanannya menuju Visi dan Misi, sehingga dimasa yang akan dating menjadi sebuah Lembaga Pendidikan yang menjadi harapan umat yang berfikir Cerdas, Kreatif dan Mandiri.

                                            kunjungan ke bandara Pondok Cabe

                  
                                                                Personil Dram Band                              

                                                               Gedung MI Nurul Hidayah


                                                           Kegiatan Dram Band                                                                  


                                                               Ruang Komputer




                                                                Foto Bersama Siswa/Siswi





1 komentar: